Teknik Permainan Futsal

Segala sesuatu perlu teknik, termasuk dalam bermain futsal tentunya ada teknik teknik dan atursan yang diterapkan didalam sistem permainannya.

Berikut kami sampaikan beberapa tips teknik permainan futsal semoga bisa menambah wawasan kita para pembaca :

  1. Pemain yang mengambil peran sebagai flank wajib teliti dan cermat dalam menjelajah sisi lapangan, agar dapat memaksimalkan lebar lapangan.

  2. Prinsip 3 detik. Pemain harus aktif selalu bergerak meski tidak menguasai bola. Saat tim menyerang jangan berdiam diri ditempat yang sama tanpa bola lebih dari 3 detik. Jadi dalam permainan total selama 40 menit, anda akan menguasai bola selama 4 menit dan tanpa bola selama 36 menit.

  3. Cari ruang yang ditinggalkan rekan tim.

  4. Pemain yang mengusai bola sebisa mungkin mendekati pemain lawan. Hal ini bertujuan untuk melewati lawan atau memaksa lawan semakin mundur dari garis pertahan. Pemain tanpa bola bergerak menjauhi lawan, agar semakin banyak pilihan passing dan menciptakan ruang.

  5. Beri dukungan kepada pemain yang menguasai bola. Terkadang dukungan diberikan dengan bergerak mendekat. Dilain kondisi bergerak mejauh dari pemain yang menguasai bola. Tujuannya adalah untuk membangun alur passing antara anda dengan rekan tim.

  6. Jangan kehilangan pandangan ke bola dan rekan yang menguasai bola. Tidak menjadi masalah apabila kamu bergerak namun teman kalian yang mengusai bola tidak melihat pergerakan kamu.

  7. Oper dan bergerak. Ini merupakan motto dasar dalam bermain futsal. Yang terpenting adalah kecermatan kamu dalam mengambil keputusan untuk bergerak.

  8. Bermurah hatilah memberikan passing. Sebuah pertandingan dimenangkan oleh tim yang mencetak gol, bukan oleh pemain yang mencetak gol. Hal ini berkaitan dengan kerja sama tim, dimana kamu menumbuhkan kepercayaan terhadap rekan tim dengan passing.

  9. Futsal adalah olahraga untuk pembohong. Pemain yang handal mampu menyulitkan lawan dengan membuat gerakan mengecoh saat melakukan passing. Mampu membuat pegerakan untuk melepaskan diri dari pandangan lawan. Dengan begitu kamu akan memperoleh posisi yang baik untuk menerima passing.

  10. Jangan melakukan passing yang dilihat jelas lawan. Saat kamu akan melakukan passing, maka lawan akan memprediksi arah passing kamu melalui arah pandangan mata. Untuk itu kamu perlu membuat pandangan palsu agar lawan sulit memprediksi arah passing.

  11. Berhati hati saat melalukan passing side to side. Kamu perlu berhati – hati saat mengusai bola di daerah lingkaran penalti, area ini merupakan area berbahaya. Jangan melakukan passing dari sisi satu ke sisi lain, karena hal ini berisiko dipotong lawan dan lebih buruknya gawang tim kamu akan kebobolan.

  12. Lakukan passing dengan keras dan terukur. Passing keras dan akurat akan sulit untuk diantisipasi lawan, dan mempermudah rekan tim untuk menerima bola.

  13. Prinsip 5 passing. Kesabaran sering menjadi faktor penentu dalam futsal. Saat kondisi lawan melakukan pertahan daerah, sering kali pemain tergesa – gesa dalam melepaskan passing. Dalam situasi seperti ini, anda dapat melakukan setidaknya 5 kali passing sebelum melepasakan tembakan kegawang untuk membongkar pertahanan lawan.

  14. Penjaga gawang sebagai pengatur tempo. Peran penjaga gawang dalam futsal tidak hanya sebatas pengaman gawang, selain itu dapat berperan dalam mengatur tempo permainan. Dalam kondisi tim tertinggal penjaga gawang harus bertindak cepat saat bola berada dalam penguasaannya. Saat kondisi tim unggul, penjaga gawang menurunkan tempo dengan melakukan lemparan aman dan menbuang waktu

  15. Jangan melakukan dribbling melewati lawan saat kamu berada diposisi sebagai orang terakhir. Karena bila kamu gagal melewati lawan maka akan tercipta situasi 1 vs 1 dengan penjaga gawang.

  16. Lakukan finishing touch dengan shooting keras. Shooting lemah akan mudah untuk diantisipasi oleh penjaga gawang dan merubah situasi menjadi serangan balik yang membahayakan gawang.

Strategi dan Teknik Permainan Futsal

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons