Peluang Usaha Untuk Futsal

Bisnis atau Usaha Futsal sangat menjanjikan dan naik daun mulai dari tahun 2015 sampai sekarang 2018. Namun dilihat dari segi analisa biaya atau budget yang kita tuangkan dalam proposal tentunya memakan dana yang tidak sedikit, apalagi jika yang dibangun adalah bangunan indoor, tentunya jauh lebih besar dari pada bangunan futsal sederhana maupun outdoor.

Satu paket lapangan futsal yang terdiri dari jaring pengaman, rumput sintetis/Interlock, gawang, net gawang dan biaya pasang saja berkisar antara Rp 120.000.000,- Rp 200.000.000,- bahkan bisa lebih tergantung spesifikasi matrial masing-masing, salah satu tips untuk membangun arena futsal agar menekan modal adalah dengan membuat bangunan yang sedemikian hemat seperti sewa lahan apabila anda tidak mempunyai lahan yang cukup untuk membangun gor futsal, tentunya lebih hemat daripada harus membeli lahan terlebih dahulu.

Apa Saja yang diperlukan dalam memulai Usaha Futsal ?

Yang diperlukan dalam memulai adalah :

  1. Lahan yang luas minimal 20×30 meter atau 600m2 yang akan digunakan untuk lokasi Lapangan, area parkir, Ruang tunggu, Office, fasilitas fasilitas penunjang seperti kantin, toilet, loker, ruang ganti, Mushalla dsb. Namun apabila lahan lebih luas dari itu bisa kita gunakan untuk berbagai jenis usaha lain selain kantin seperti jualan sepatu, baju, rompi, bola, jersey, kaos futsal, Playstation dsb. Selain lahan yang luas yakni

  2. Bangunan indoor, semi indoor atau outdoor, kebanyakan Futsal jika diperumahan untuk fasilitas warga biasanya semi indoor, jika untuk komersil rata-rata indoor karena pengusaha futsal punya pemikiran apabila futsal sudah tidak menjanjikan lagi maka bangunan tersebut dapat digunakan untuk usaha lain seperti bengkel, toko, gudang, ruang serbaguna dsb.

  3. IMB(Ijin Mendirikan Bangunan) juga sangat diperlukan dalam pengelolaan pembangunan futsal apalagi dikota kota besar menyangkut keamanan dan ketertiban lingkungan dan pemerintahan.

  4. Lapangan Futsal bisa menggunakan Rumput sintetis, Interlock, Vynil coating atau Rubber Flooring tergantung kegemaran para pemain diarea wilayah tersebut.

  5. Fasilitas pendukung seperti Toilet, Area Parkir, Loker, Ruang ganti, Mushalla dsb.

  6. System dalam pengelolaan Lapangan Futsal termasuk administrasi dan permainan(kompetisi/turnamen)

Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk modal adalah antara Rp 650.000.000,- (Enam ratus lima puluh juta rupiah) termasuk bangunan, IMB(Izin mendirikan bangunan) dan Lapangan dengan keadaan sudah ada lahan rata dan Padat, BEP(Break Event Point) penyewaan berkisar antara 2 (dua) sampai 5(lima) tahun termasuk bangunan tergantung tracking hours permainan dalam sehari, semakin tinggi tracking hours maka semakin cepat pula bepnya, maka dari itu perlu banyak pertimbangan dan survei pasar secara matang, namun di Indonesia dikota didesa sampai pelosok nyaris semua masyarakat penggemar dan hobi permainan bola jadi dari segi kerugian untuk usaha tersebut cukup kecil kemungkinannya walaupun bisa juga mengalami kerugian.

Peluang Untuk Usaha Futsal

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons