bangunan futsal

Bisnis atau Usaha Futsal sangat menjanjikan dan naik daun sampai sekarang 2018. Namun dilihat dari segi analisa biaya atau budget yang kita tuangkan dalam proposal tentunya memakan dana yang tidak sedikit, apalagi jika yang dibangun adalah bangunan indoor, tentunya jauh lebih besar dari pada bangunan futsal sederhana maupun outdoor.

Satu paket lapangan futsal yang terdiri dari jaring pengaman, rumput sintetis/Interlock, gawang, net gawang dan biaya pasang saja berkisar antara Rp 120.000.000,- Rp 200.000.000,- bahkan bisa lebih tergantung spesifikasi matrial masing-masing, salah satu tips untuk membangun arena futsal agar menekan modal adalah dengan membuat bangunan yang sedemikian hemat seperti sewa lahan apabila anda tidak mempunyai lahan yang cukup untuk membangun gor futsal, tentunya lebih hemat daripada harus membeli lahan terlebih dahulu.

Apa Saja yang diperlukan dalam memulai Usaha Futsal ?

Yang diperlukan dalam memulai adalah :

  1. Lahan yang luas minimal 20×30 meter atau 600m2 yang akan digunakan untuk lokasi Lapangan, area parkir, Ruang tunggu, Office, fasilitas fasilitas penunjang seperti kantin, toilet, loker, ruang ganti, Mushalla dsb. Namun apabila lahan lebih luas dari itu bisa kita gunakan untuk berbagai jenis usaha lain selain kantin seperti jualan sepatu, baju, rompi, bola, jersey, kaos futsal, Playstation dsb. Selain lahan yang luas yakni

  2. Bangunan indoor, semi indoor atau outdoor, kebanyakan Futsal jika diperumahan untuk fasilitas warga biasanya semi indoor, jika untuk komersil rata-rata indoor karena pengusaha futsal punya pemikiran apabila futsal sudah tidak menjanjikan lagi maka bangunan tersebut dapat digunakan untuk usaha lain seperti bengkel, toko, gudang, ruang serbaguna dsb.

  3. IMB(Ijin Mendirikan Bangunan) juga sangat diperlukan dalam pengelolaan pembangunan futsal apalagi dikota kota besar menyangkut keamanan dan ketertiban lingkungan dan pemerintahan.

  4. Lapangan Futsal bisa menggunakan Rumput sintetis, Interlock, Vynil coating atau Rubber Flooring tergantung kegemaran para pemain diarea wilayah tersebut.

  5. Fasilitas pendukung seperti Toilet, Area Parkir, Loker, Ruang ganti, Mushalla dsb.

  6. System dalam pengelolaan Lapangan Futsal termasuk administrasi dan permainan(kompetisi/turnamen)

Estimasi biaya yang dikeluarkan untuk modal adalah antara Rp 650.000.000,- (Enam ratus lima puluh juta rupiah) termasuk bangunan, IMB(Izin mendirikan bangunan) dan Lapangan dengan keadaan sudah ada lahan rata dan Padat, BEP(Break Event Point) penyewaan berkisar antara 2 (dua) sampai 5(lima) tahun termasuk bangunan tergantung tracking hours permainan dalam sehari, semakin tinggi tracking hours maka semakin cepat pula bepnya, maka dari itu perlu banyak pertimbangan dan survei pasar secara matang, namun di Indonesia dikota didesa sampai pelosok nyaris semua masyarakat penggemar dan hobi permainan bola jadi dari segi kerugian untuk usaha tersebut cukup kecil kemungkinannya walaupun bisa juga mengalami kerugian.

Pertimbangan dan Analisa Modal Untuk Usaha Futsal dan Bangunan Futsal

Peluang Usaha Futsal kian hari makin meningkat. Dengan target utama para karyawan yang sibuk bekerja, bisnis ini terus dibanjiri untung besar. Meski biaya investasi awal cukup mahal, bisnis ini terus mendatangkan pemain baru lantaran kemudahan mengurus dan kemungkinan untung yang besar.
Bisnis futsal tidak hanya menghadirkan uang melalui persewaan lapangan. Café, kantin, dan penjualan jersey serta perlengkapan bola pun menjadikan bisnis ini semakin menarik untuk dijadikan aset jangka panjang.
Untuk anda yang ingin untuk mencoba berkembang dalam usaha Futsal, jangan takut untuk mencoba. Beberapa dari anda sedang memikirkan dan menganalisa modal yang sangat besar untuk memulai usaha ini dengan “menjemput bola”.
Beberapa Hal ini wajib anda tahu untuk Pertimbangan dan Analisa Modal Untuk Usaha Futsal dan mendirikan bangunan futsal:

1) Investasi besar namun jangka panjang
Bisnis futsal ini butuh investasi besar. Apalagi kalau anda tidak punya tanah yang strategis. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir, untuk masalah lahan bisa sewa bekas pabrik, gudang dsb.
Berikut saya contohkan perhitungan modal usaha futsal. Biaya berikut ini tidak memasukkan harga beli tanah. Asumsinya anda memiliki sudah tanah dengan bangunan semi indoor untuk ukuran 16×26 m
Biaya konstruksi baja (tiang dsb) : Rp. 190.000.000,-
Biaya lantai dan Pondasi : Rp. 80.000.000,-
Biaya Rumput sintetis/rumput futsal : Rp. 97.000.000,-
Biaya Bol, Lampu, Jaring, dll : Rp. 12.000.000,-
Tota Modal Bisnis Futsal : Rp 379.000.000,-

2) Pasar yang luas dan pasti ada dimana-mana
Anak sekolah, Karyawan, mahasiswa kebanyakan hobby bermain futsal karena satu dari tiga hal berikut ini. Alasan pertama adalah mereka suka bola, kedua adalah suka olahraga dan ingin sehat. Adapun alasan ketiga adalah ingin berkumpul atau ikut-ikutan temannya.
Nah coba lihat orang sekitar kita, adakah yang tidak termasuk sedikitnya satu dari tiga alasan diatas. Ini udah membuktikan kalau futsal punya banyak target pasar. Terutama karyawan dan mahasiswa dan sebagian Sekolah-sekolah sudah masuk kurikulum atau extrakulikuler kegiatan tersebut.
3) Minim perawatan
Alat-alat yang kita pakai seperti jaring, gawang lantai jenis interlok atau rumput terbilang sangat awet. ini sebabnya biaya perawatan cukup rendah, apalagi jenis interlok hanya cukup sapu dan pel saja.
4) Keuntungan Menggiurkan
Berikut adalah contoh penghitungan keuntungan untuk usaha futsal.
Penghasilan pagi s.d. siang 5jamx 60.000 = Rp 300.000
Penghasilan malam 4 jam x 100.000 = Rp 400.000
Penghasilan café, kantin, dan jersey = 100.000
Total penghasilan sehari = Rp 800.000
Total Penghasilan sebulan = Rp24.000.000
Biaya 2 karyawan = Rp 3.000.000
biaya perawatan = Rp 1.000.000
Keuntungan sebulan = Rp 20.000.0000

5) Lokasi
Lokasi memang membutuhkan lahan yang luas untuk ukuran standar perlu disediakan minimal seluas 600 m2 untuk ukuran lapangan 16×26 meter, lebih diutamakan yang dekat dengan jalan akses utama, atau di dekat komplek perumahan, pemukiman warga dsb yang tentunya tidak lepas dari keamanan dan kenyamanan lingkungan yang berimbas pada para pemain nanti.

6) Pelayanan
Untuk menunjang kenyamanan pengunung, anda dapat melengkapi gedung dengan ruang tunggu yang dilengkapi dengan televisi atau bacaan bacaan yang dapat memecahkan kebosanan pemain saat menunggu giliran permainan, atau dilengkapi dengan penyewaan PlayStation yang tentunya disamping menghilangkan kepenatan juga menambah omzet, barangkali satu diantara pengunjunng yang hobby bermain PlayStation namun kurang berminat dengan Futsal akan tetapi merekan ingin berkumpul dengan teman-teman yang sedang bermain Futsal ini adalah nilai lebih.

Bangunan Futsal

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons